PENANAMAN SAYURAN ORGANIK SISTEM VERTIKULTUR SOKONG KONSEP GREEN LIFE

Konsep Green Life merupakan suatu wacana yang sedang dikembangkan diseluruh dunia. Pengembangan konsep kembali ke alam ini dilakukan pada semua bidang, termasuk pada lingkungan kehidupan sehari-hari. Dalam  menyokong konsep Green Life sebagai gaya hidup, Tim Pengabdian Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi memberikan pelatihan Penanaman Sayuran Organik dengan Sistem Vertikultur Kepada Masyarakat dalam Lingkungan Himpunan Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi

Tim ini diketuai oleh Fitratul Aini, S.Si., M.Si. yang juga merupakan Ketua Program Studi Biologi FST UNJA. Kegiatan ini bertujuan memberikan solusi cara bercocok tanam di lahan yang   terbatas serta membantu masyarakat dalam hal ini melalui  mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan sayur sehari-hari bahkan bisa sebagai penghasilan tambahan bagi masyarakat dan mahasiswa. Sistem vertikultur merupakan cara pemanfaatan lahan secara efisien yang menerapkan prinsip utama penghematan ruangan dimana tanaman ditata dalam wadah atau bangunan bertingkat. Metode vertikultur sangat cocok diterapkan khususnya bagi masyarakat tani atau pengusaha yang memiliki lahan yang sempit, tanaman diatur secara bersusun menggunakan rak tanaman sesuai kebutuhan.

Kegiatan ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu melakukan penyuluhan kepada mahasiswa, memperkenalkan potensi penanaman sistem vertikultur serta mengajak Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi untuk menjadikan penanaman sistem vertkultur sebagai salah satu bentuk usaha atau teknopreneurship yang sesuai  dengan visi Universitas Jambi yaitu “ World Class Technopreneurship University” Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 37 orang mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Biologi dan Farmasi, ini dilakukan di pekarangan kebun Biologi FST UNJA dan sangat menarik antusias mereka. Peserta dapat langsung memperagakan bagaimana cara membuat wadah vertikultur tersebut.  

Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) ini, target yang ingin dicapai adalah mitra mampu memanfaatkan penanaman sistem vertikultur secara maksimal sehingga dapat termanfaatkan dengan baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan menghasilkan luaran berupa sayuran organik yang berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi serta tempat untuk penanaman sistem vertikultur.  Dengan demikian, sayuran organik yang telah ditanam dengan sistem vertikultur oleh mitra diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Jambi.