Arsip Kategori: BERITA

PENANAMAN SAYURAN ORGANIK SISTEM VERTIKULTUR SOKONG KONSEP GREEN LIFE

Konsep Green Life merupakan suatu wacana yang sedang dikembangkan diseluruh dunia. Pengembangan konsep kembali ke alam ini dilakukan pada semua bidang, termasuk pada lingkungan kehidupan sehari-hari. Dalam  menyokong konsep Green Life sebagai gaya hidup, Tim Pengabdian Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi memberikan pelatihan Penanaman Sayuran Organik dengan Sistem Vertikultur Kepada Masyarakat dalam Lingkungan Himpunan Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi

Tim ini diketuai oleh Fitratul Aini, S.Si., M.Si. yang juga merupakan Ketua Program Studi Biologi FST UNJA. Kegiatan ini bertujuan memberikan solusi cara bercocok tanam di lahan yang   terbatas serta membantu masyarakat dalam hal ini melalui  mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan sayur sehari-hari bahkan bisa sebagai penghasilan tambahan bagi masyarakat dan mahasiswa. Sistem vertikultur merupakan cara pemanfaatan lahan secara efisien yang menerapkan prinsip utama penghematan ruangan dimana tanaman ditata dalam wadah atau bangunan bertingkat. Metode vertikultur sangat cocok diterapkan khususnya bagi masyarakat tani atau pengusaha yang memiliki lahan yang sempit, tanaman diatur secara bersusun menggunakan rak tanaman sesuai kebutuhan.

Kegiatan ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu melakukan penyuluhan kepada mahasiswa, memperkenalkan potensi penanaman sistem vertikultur serta mengajak Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi untuk menjadikan penanaman sistem vertkultur sebagai salah satu bentuk usaha atau teknopreneurship yang sesuai  dengan visi Universitas Jambi yaitu “ World Class Technopreneurship University” Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 37 orang mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Biologi dan Farmasi, ini dilakukan di pekarangan kebun Biologi FST UNJA dan sangat menarik antusias mereka. Peserta dapat langsung memperagakan bagaimana cara membuat wadah vertikultur tersebut.  

Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) ini, target yang ingin dicapai adalah mitra mampu memanfaatkan penanaman sistem vertikultur secara maksimal sehingga dapat termanfaatkan dengan baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan menghasilkan luaran berupa sayuran organik yang berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi serta tempat untuk penanaman sistem vertikultur.  Dengan demikian, sayuran organik yang telah ditanam dengan sistem vertikultur oleh mitra diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Jambi.

Program Studi Biologi raih akreditasi “B”

Mendalo, Jambi –  Setelah melalui beberapa penilaian terhadap dokumen akreditasi Program Studi Biologi, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan peringkat akreditasi B pada Program Studi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Jambi. Predikat ini sekaligus menambah jumlah program studi yang terakreditasi B pada Fakultas Sains dan Teknologi menjadi lima program studi (dua program studi D3 dan tiga program studi S1). Predikat akreditasi tersebut berlaku sejak tanggal 30 April 2019 sampai dengan 30 April 2024. File sertifikat akreditasi tersebut dapat diunduh pada tautan di bawah ini.

Praktikum Kuliah Lapangan (PKL) Program Studi Biologi ke Sumatera Barat 2019

Praktikum Kuliah Lapangan Program Studi Biologi ke Herbarium Universitas Andalas

Padang, Sumatera Barat – Mahasiswa Program Studi Biologi Universitas Jambi semester 4 dengan didampingi beberapa orang dosen melaksanakan Praktikum Kuliah Lapangan (PKL) ke Sumatera Barat pada tanggal 25-28 April 2019. Sebanyak empat mata kuliah yang melaksanakan PKL tersebut yaitu: 1. Sistematika Invertebrata, 2. Sistematika Vertebrata, 3. Sistematika Tumbuhan Tinggi, dan 4. Sistematika Tumbuhan Rendah.

Mahasiswa melakukan sampling untuk mata kuliah sistematika invertebrata dan sistematika tumbuhan rendah di Pantai Nirwana pada tanggal 26 April 2019. Beberapa sampel hewan invertebrate yang berhasil dikoleksi terdiri dari beberapa filum seperti porifera, coelenterata, mollusca, anelida, dan arthropoda. Sedangkan sampel tumbuhan rendah yang berhasil dikoleksi yaitu algae dengan genus Sargassum, Turbinaria, Padina, dan Eucheuma.

Mahasiswa melakukan koleksi sampel di Pantai Nirwana

Sehari setelahnya, dilanjutkan agenda berikutnya yaitu mengunjungi Herbarium Universitas Andalas (ANDA). Mahasiswa melakukan koleksi sampel di Arboretum Universitas Andalas dan melakukan identifikasi tumbuhan tinggi di Herbarium ANDA didampingi oleh dosen dan Asisten Herbarium ANDA. Di Herbarium ANDA, mahasiswa mendalami kembali teknik identifikasi tumbuhan dan pembuatan herbarium. Pada saat mengoleksi sampel di Arboretum, selain dikoleksi sampel tumbuhan tinggi (tumbuhan berbiji) juga dikoleksi beberapa sampel pteridophyta, jamur, dan lumut. Awalnya direncanakan juga melakukan pengamatan burung di arboretum tersebut, tetapi tidak dapat dilaksanakan karena turun hujan. Kegiatan di Herbarium ANDA ditutup dengan pemaparan mengenai Herbarium oleh Ibu Dr. Nurainas, S.Si., M.Si. selaku kepala Herbarium ANDA.

Paparan dari Ibu Dr. Nurainas, S.Si., M.Si. sebelum menuju Arboretum
Mahasiswa sedang mendiskusikan sampel tumbuhan yang dikoleksinya dengan asisten Herbarium ANDA
Pemberian etiket gantung pada sampel tumbuhan