Category Archives: Kegiatan Program Studi

Sosialisasi ELISTA di Prodi Biologi FST UNJA

Universities Jambi tak henti berbenah di berbagai sisi termasuk dalam sistem manajemen tugas Akhir. Aplikasi yang sudah dirancang untuk jauh hari untuk mempermudah dan mempersingkat administrasi tugas akhir, ELISTA (sistEm eLektronik terIntergraSi Tugas Akhir Mahasiswa) akhirnya resmi diterapkan pada tahun ajaran 2018/2019.  Prodi Biologi  sebagai Bagian dari Fakultas Sains dan Teknologi  Universitas Jambi juga ikut serta dalam mengoptimalkan penggunaannya, maka dilaksanakanlah sosialisasi penggunaan ELISTA tersebut kepada mahasiswa prodi biologi khususnya yang sudah mengambil matakuliah Skripsi pada tanggal 9 Augustus 2018. Pada acara sosialisasi tersebut dihadari juga oleh dosen-dosen prodi biologi karena dalam sistem ELISTA ada interaksi antara dosen dan mahasiswa secara daring.

Sosialisasi yang mendapat tanggapan antusias dari para mahasiswa mahasiswa tersebut langsung diarahkan oleh Bapak Pradita Eko dari Program Studi Sistem Informasi FST UNJA. Dalam acara tersebut dijelaskan bahwa ELISTA merupakan Sistem Informasi berbasis website untuk mengelola bimbingan Tugas Akhir Mahasiswa yang meliputi Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis dan Disertasi. Data yang terangkum pada ELISTA akan dilaporkan secara periodik ke Pangkalan Data DIKTI dan dapat diakses oleh masing-masing dosen melalui website sister.unja.ac.id.

 

Kuliah Umum “Reintroduksi Orang Utan Sumatera” Bersama FZS

Selasa (3 April 2018) prodi Biologi Fakultas Sain dan Teknologi Universitas Jambi berkesempatan menjadi penyelengara kuliah umum yang bekerjasama dengan Frankfrut Zoological Society (FZS) Jambi. Kuliah umum disampaikan oleh Bapak Julius Paolo Siregar dan menjelaskan tentang salah satu program FZS, yaitu “Reintroduksi Orang Utan Sumatera” dikawasan Tanaman Nasional Bukit Tigapuluh. Kuliah umum tersebut dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Dalam penjelasannya Bapak Paulus memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan magang dan penelitian mengenai Orang Utan di FZS, dan beliau menyarankan setidaknya dibutuhkan waktu minimum selama tiga bulan untuk pengamatan orang utan tersebut sehingga didapatkan data yang layak dipublikasi.

Workshop Penguatan Kurikulum Pengembangan Pembelajaran

Tidak berhenti berbenah. Kata-kata yang barangkali lebih tepat untuk disampaikan kepada pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi. Dan salah satu wujud “berbenah” itu adalah dengan tidak puas begitu saja dengan kurikulum yang sudah ada, maka dilaksanakan workshop penguatan kurikulum untuk semua prodi yang ada di FST termasuk Biologi. Dan dalam hal ini prodi biologi melaksanakan diskusi yang juga dihadiri oleh stake holder (yang sudah dapat hadir adalah dari Balai Karantina Kelas 1 Jambi, dan mudah-mudahan di lain waktu lebih banyak banyak lagi stake holder yang bisa terlibat). Ada banyak sekali masukan dan saran yang dapat dijadikan pertimbangan dalam penguatan kurikulum yang sudah ada…​