Category Archives: Kegiatan Program Studi

Kuliah Umum “Reintroduksi Orang Utan Sumatera” Bersama FZS

Selasa (3 April 2018) prodi Biologi Fakultas Sain dan Teknologi Universitas Jambi berkesempatan menjadi penyelengara kuliah umum yang bekerjasama dengan Frankfrut Zoological Society (FZS) Jambi. Kuliah umum disampaikan oleh Bapak Julius Paolo Siregar dan menjelaskan tentang salah satu program FZS, yaitu “Reintroduksi Orang Utan Sumatera” dikawasan Tanaman Nasional Bukit Tigapuluh. Kuliah umum tersebut dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Dalam penjelasannya Bapak Paulus memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan magang dan penelitian mengenai Orang Utan di FZS, dan beliau menyarankan setidaknya dibutuhkan waktu minimum selama tiga bulan untuk pengamatan orang utan tersebut sehingga didapatkan data yang layak dipublikasi.

Workshop Penguatan Kurikulum Pengembangan Pembelajaran

Tidak berhenti berbenah. Kata-kata yang barangkali lebih tepat untuk disampaikan kepada pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi. Dan salah satu wujud “berbenah” itu adalah dengan tidak puas begitu saja dengan kurikulum yang sudah ada, maka dilaksanakan workshop penguatan kurikulum untuk semua prodi yang ada di FST termasuk Biologi. Dan dalam hal ini prodi biologi melaksanakan diskusi yang juga dihadiri oleh stake holder (yang sudah dapat hadir adalah dari Balai Karantina Kelas 1 Jambi, dan mudah-mudahan di lain waktu lebih banyak banyak lagi stake holder yang bisa terlibat). Ada banyak sekali masukan dan saran yang dapat dijadikan pertimbangan dalam penguatan kurikulum yang sudah ada…‚Äč

Peninjauan Assesor ke Prodi Biologi UNJA

Akreditasi merupakan salah satu bentuk pengakuan terhadap status sebuah prodi baik itu dari segi kurrikulum, sarana dan kualitas dari semua komponennya (termasuk mahasiswa, dosen, laboran dan tata usaha). Untuk itu ikut serta dalam akreditasi juga dilakukan oleh prodi Biologi UNJA. Setelah mengajukan borang akreditasi pada bulan September 2016 maka tim assesor datang melakukan peninjauan pada tanggal 10 oktober 2016.Tim Assesor untuk prodi biologi adalah Dr Diah Rachmawati (UGM) dan Prof. Hendro Pramono (UNSOED).