Category Archives: Kegiatan Program Studi

Workshop Penguatan Kurikulum Pengembangan Pembelajaran

Tidak berhenti berbenah. Kata-kata yang barangkali lebih tepat untuk disampaikan kepada pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi. Dan salah satu wujud “berbenah” itu adalah dengan tidak puas begitu saja dengan kurikulum yang sudah ada, maka dilaksanakan workshop penguatan kurikulum untuk semua prodi yang ada di FST termasuk Biologi. Dan dalam hal ini prodi biologi melaksanakan diskusi yang juga dihadiri oleh stake holder (yang sudah dapat hadir adalah dari Balai Karantina Kelas 1 Jambi, dan mudah-mudahan di lain waktu lebih banyak banyak lagi stake holder yang bisa terlibat). Ada banyak sekali masukan dan saran yang dapat dijadikan pertimbangan dalam penguatan kurikulum yang sudah ada…‚Äč

Peninjauan Assesor ke Prodi Biologi UNJA

Akreditasi merupakan salah satu bentuk pengakuan terhadap status sebuah prodi baik itu dari segi kurrikulum, sarana dan kualitas dari semua komponennya (termasuk mahasiswa, dosen, laboran dan tata usaha). Untuk itu ikut serta dalam akreditasi juga dilakukan oleh prodi Biologi UNJA. Setelah mengajukan borang akreditasi pada bulan September 2016 maka tim assesor datang melakukan peninjauan pada tanggal 10 oktober 2016.Tim Assesor untuk prodi biologi adalah Dr Diah Rachmawati (UGM) dan Prof. Hendro Pramono (UNSOED).

Launching Jurnal Bio-Site

biosite
Tuntutan Tridarma Perguruan Tinggi mengharuskan dosen sebagai bagian civitas akademika untuk melakukan penelitian. Penelitian-penelitian tersebut pun diharapkan tidak hanya menjadi bahan kajian yang nanti sekedar menjadi dokumen arsip perpustakaan saja, akan tetapi juga bermanfaat bagi orang lain secara global. Agar dapat dimanfaatkan secara luas Penelitian-penelitian tersebut diharapkan bisa dipublikasikan dan disharing dengan peneliti lain, pembaca dan pencari ilmu murni terutama biologi dan terapan. Berdasarkan hal tersebut dan juga ingin mewadahi publikasi-publikasi yang berkaitan dengan biologi dan ilmu terapan dalam skala Nasional maka Prodi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi menerbikan Jurnal On-Line yang diberi nama Jurnal Bio-Site.

Jurnal Bio-Site ini merupakan salah satu sarana yang bisa dijadikan sebagai wadah publikasi dalam bentuk artikel hasil penelitian/eksperimen tapi bukan hasil kajian pustaka oleh peneliti-peneliti dari bidang ilmu biologi yang ilmu terapan biologi seperti pertanian, peternakan, kehutanan dan juga farmasi serta kedokteran.

Jurnal Bio-Site direncanakan terbit setiap 6 bulan sekali, yakni pada bulan November dan bulan Mei setiap tahun. Volume 1 sudah terbit pada bulan November 2015. Namun dilaunching kembali setelah mendapat ISSN*. Terbitan kedua akan keluar pada bulan Mei 2016 ini.

Penanggung jawab jurnal Bio-site ini juga menghimbau peneliti-peneliti untuk mempublish hasil penelitiannya di jurnal ini melalui email: biosite.fst@unja.ac.id, jurnal berskala nasional ini berkoordinasi dengan peneliti-peneliti dari universitas dan lembaga terbaik di Indonesia, seperti LIPI, UNJ, UGM, UNSOED, UNTAN, USU, ITB dan Lembaga lainnya.

ISSN biosite: 2502-6178
ID biosite : 1449717227
No. SK Bio-Site: 0005.25026178/JI.3.1/SK.ISSN/2016.02-26 FEB 2016