Arsip Kategori: Praktikum

Praktikum Kuliah Lapangan (PKL) Program Studi Biologi ke Sumatera Barat 2019

Praktikum Kuliah Lapangan Program Studi Biologi ke Herbarium Universitas Andalas

Padang, Sumatera Barat – Mahasiswa Program Studi Biologi Universitas Jambi semester 4 dengan didampingi beberapa orang dosen melaksanakan Praktikum Kuliah Lapangan (PKL) ke Sumatera Barat pada tanggal 25-28 April 2019. Sebanyak empat mata kuliah yang melaksanakan PKL tersebut yaitu: 1. Sistematika Invertebrata, 2. Sistematika Vertebrata, 3. Sistematika Tumbuhan Tinggi, dan 4. Sistematika Tumbuhan Rendah.

Mahasiswa melakukan sampling untuk mata kuliah sistematika invertebrata dan sistematika tumbuhan rendah di Pantai Nirwana pada tanggal 26 April 2019. Beberapa sampel hewan invertebrate yang berhasil dikoleksi terdiri dari beberapa filum seperti porifera, coelenterata, mollusca, anelida, dan arthropoda. Sedangkan sampel tumbuhan rendah yang berhasil dikoleksi yaitu algae dengan genus Sargassum, Turbinaria, Padina, dan Eucheuma.

Mahasiswa melakukan koleksi sampel di Pantai Nirwana

Sehari setelahnya, dilanjutkan agenda berikutnya yaitu mengunjungi Herbarium Universitas Andalas (ANDA). Mahasiswa melakukan koleksi sampel di Arboretum Universitas Andalas dan melakukan identifikasi tumbuhan tinggi di Herbarium ANDA didampingi oleh dosen dan Asisten Herbarium ANDA. Di Herbarium ANDA, mahasiswa mendalami kembali teknik identifikasi tumbuhan dan pembuatan herbarium. Pada saat mengoleksi sampel di Arboretum, selain dikoleksi sampel tumbuhan tinggi (tumbuhan berbiji) juga dikoleksi beberapa sampel pteridophyta, jamur, dan lumut. Awalnya direncanakan juga melakukan pengamatan burung di arboretum tersebut, tetapi tidak dapat dilaksanakan karena turun hujan. Kegiatan di Herbarium ANDA ditutup dengan pemaparan mengenai Herbarium oleh Ibu Dr. Nurainas, S.Si., M.Si. selaku kepala Herbarium ANDA.

Paparan dari Ibu Dr. Nurainas, S.Si., M.Si. sebelum menuju Arboretum
Mahasiswa sedang mendiskusikan sampel tumbuhan yang dikoleksinya dengan asisten Herbarium ANDA
Pemberian etiket gantung pada sampel tumbuhan

Praktik Kuliah Lapangan (PKL) ke Sumatera Barat

Program studi Biologi dalam beberapa mata kuliahnya membutuhkan beberapa aplikasi lapangan untuk mendukung teori baik dalam bentuk praktek yang berlangsung dalam laboratorium maupun di lingkungan (lapangan). Beberapa mata kuliah tersebut antara lain: Sistematika Tumbuhan Tinggi, Sistematika Tumbuhan Rendah, Sistematika Invertebrata dan Sistematika Vertebrata.
Pada bulan Maret 2017 lalu tepatnya tanggal 10 sampai 12, Mahasiswa program studi Biologi semester 4 melakukan Praktik Kuliah Lapangan (PKL) ke Sumatera Barat. Kuliah dan praktikum lapangan ini diharapkan dapat mengeksplorasi Keanekaragaman hayati yang terkait dengan matakuliah-matakuliah tersebut khususnya di kawasan Pantai Nirwana dan Kebun Binatang Kinantan Bukit Tinggi Sumatera Barat.


Pelepasan Keberangkatan oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi yang diwakili oleh Wakil dekan bidang BAAKSI dan Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni

Lanjutkan membaca Praktik Kuliah Lapangan (PKL) ke Sumatera Barat

Asistensi Praktikum Biologi Umum

Biologi umum, dengan kode MK FST115, merupakan salah salah matakuliah wajib Fakultas Sains dan Teknologi yang menjadi tanggung jawab prodi biologi untuk mengelolanya. Pengelolaan mata kuliah ini menjadi suatu tanggung jawab yang cukup besar untuk prodi biologi, karena semua mahasiswa FST yang terdiri atas 10 prodi yaitu Biologi, Kimia, D3 Kimia, Fisika, Matematika, Farmasi, Teknik Pertambangan, Teknik Geologi, Teknik Geofisika dan Sistem Informasi harus mengambil mata kuliah ini agar dapat menyelesaikan studinya. Oleh karena itu tim dosen pengampu mata kuliah ini merancang pelaksanaan pembelajaran yang tidak hanya berbasis teori tetapi juga prakek. Sehingga untuk kelancaran pelaksanaan praktikum sebagai langkah awal dilakukan sosialisasi praktikum biolgi umum terlebih dahulu kepada semua mahasiswa atau dikenal dengan istilah “ASISTENSI PRAKTIKUM”. Asistensi ini dibagi kedalam 4 tahapan dan dilaksanakan selama 2 hari yaitu Hari rabu, 31 Agustus hingga Kamis, 1 September 2016.​